Jumat, 27 September 2013

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

1. Pengertian Organisasi
            Manusia adalah mahluk sosial (social Dalam bahasa Yunani, organisasi berarti alat atau lebih jelasnya adalah suatu kelompok manusia dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Ada beberapa pendapat dan teori dari beberapa pakar, namun ada yang berbeda dan cocok antara satu sama lain. Berikut ini adalah pendapat dari beberapa pakar : 


  • Stoner mengatakan adalah suatu pola hubungan yang menyertakan individu dengan sebuah arahan untuk menuju tujuan bersama.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah suatu kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar relative terus menerus untuk mencapai tujuan bersama atau kelompok tujuan.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi  suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.


2. Manajemen dan Organisasi
            Manajemen adalah sebuah bentuk organisasi yang bekerja secara bersama-sama demi tercapainya tujuan tertentu. Sedangkan menurut beberapa pakar manajemen diartikan sebagai berikut:


  • Mary Parker Pollet ; manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
  • James AF Stoner ; manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • James H. Donnelly Jr.; James L. Gibson; dan Jhon M. Ivancevich; manajemen adalah proses dari seseorang atau beberapa individu untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan dari orang lain untuk memperoleh hasil yang tidak dapat dilakukan seorang individu saja.
  • Murti Sumarni-John Soeprihanto (1995) ; manajemen merupakan suatu proses yang terdiri atas kegiatan-kegiatan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain

Secara spesifik ada tiga alasan utama dibutuhkannya sebuah manajemen dalam suatu organisasi:


  • Mencapai Tujuan.
  • Menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
  • Mencapai efisiensi dan efektifitas prestasi organisasi.
3. Manajemen dan Tata kerja
      Manajemen memiliki beberapa fungsi atau biasa disebut dengan proses manajemen, yaitu: 


  • Perencanaan (Planing) ; Proses untuk menentukan tujuan yang akan dicapai serta langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapainya, meliputi penetapan sasaran, merumuskan tujuan, menetapkan strategi, membuat strategi, dan mengembang-kan subrencana untuk mengkoordinasikan kegiatan.
  • Pengorganisasian (Organizing) ; Proses pemberian tugas, pengalokasian sumber daya serta pengaturan terorganisir kepada setiap individu atau kelompok untuk menerapkan rencana yang telah dibuat.
  • Memimpin (Leading) ; Proses menumbuhkan semangat diantara karyawan agar dapat berkerja dengan baik serta membimbing mereka dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  • Pengendalian (Controlling) ; Proses mengukur kinerja, membandingkan hasil yang telah diperoleh dengan rencana atau tujuan yang telah dibuat.



4. Manajemen Organisasi dan Tata Kerja
            Tata kerja atau metode adalah pemanfaatan sumber daya dan segala aspek demi tercapainya tujuan sehingga proses manajemen dapat dilaksanakan secara tepat. Penggunaan tata kerja yang tepat pada pokoknya bertujuan untuk  :
1. Menghindari terjadinya pemborosan didalam penggunaan sumber-sumber dan waktu.
2. Menghindari terjadinya kesimpang-siuran dalam proses untuk mencapai tujuan.
3. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
            Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa hubungan antara manajemen dan tata kerja adalah jika dalam sebuah organisasi terdapat sebuah manajemen dan tata kerja yang baik pemanfaatan segala sumber daya dan waktu dapat dilakukan secara tepat dan lebih terkoordinir sesuai dengan proses yang telah ditetapkan akan mendapatkan hasil yang lebih efisien dan efektif.


Daftar Pustaka :
Sukanto Reksohadiprodjo & T. Hani Handoko, Organisasi Perusahaan, Edisi kedua, BPFE, Yogyakarta, 1982.
http://alfiantoromdoni.blogspot.com/2012/01/manajemen-dan-organisasi.html http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasihttp://p4hrul.wordpress.com/2010/11/01/manajemen-dan-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar